Mengenal Karakteristik, Kayu Mahoni Untuk Furniture – Rumah Interior
Home Blog Mengenal Karakteristik, Kayu Mahoni Untuk Furniture

Mengenal Karakteristik, Kayu Mahoni Untuk Furniture

0
Mengenal Karakteristik, Kayu Mahoni Untuk Furniture

Jual kitchen set furniture murah Bekasi – Kayu Mahoni di Indonesia sepertinya tidak asing lagi, kayu yang kerap kali digunakan sebagai bahan pembuatan furniture ini merupakan salah satu jenis kayu yang dapat ditemukan di daerah tropis. Meskipun kayu mahoni tidak sekuat kayu jati, namun keberadaan Kayu Mahoni cukup popular karena kayu mahoni lebih cenderung digunakan sebagai bahan pembuatan furniture dan harga dari furniture yang terbuat dari kayu mahoni relatif lebih murah dari furniture kayu jati.

Usia tanam dari kayu mahoni relatif lebih cepat dibandingkan dengan kayu jati dan memiliki tekstur lebih lunak dibandingkan dengan kayu lainnya sehingga lebih mudah dibentuk saat dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture. Selain dari itu, kayu mahoni memiliki ciri khas tersendiri seperti warna merah, serat bermotif dan lain sebagainya.

Sebelum anda memutuskan untuk membuat furniture berbahan dasar kayu mahoni, ada baiknya jika anda mengenal karakteristik dari kayu mahoni lebih dahulu sehingga anda lebih paham akan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh kayu mahoni. Untuk lebih detailnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Karakteristik dari Kayu Mahoni

Sama halnya dengan jenis kayu lainnya, kayu mahoni juga memiliki karakteristik yang berbeda, dan jika anda ingin mengenal karakteristik dari kayu mahoni maka simak sebagai berikut ini.

Serat Kayu

Jika dinilai dari seratnya, kayu mahoni memiliki motif serat yang hampir sama dengan kayu jati dengan motif serat yang lurus sehingga memudahkan proses pengukiran saat pembuatan furniture. Dengan serat yang hampir sama dengan jati, maka kayu mahoni dianggap sebagai kayu pengganti kayu jati dengan harga yang lebih murah.

Warna

Dari segi warna, kayu kayu mahoni memiliki warna yang cukup beragam yang dimana jika kayu mahoni masih memiliki usia muda maka kayu mahoni memiliki warna yang cenderung pucat, sementara jika kayu mahoni sudah berusia tua maka warnanya terlihat semakin menarik. Untuk usia dari kayu mahoni sendiri mampu mencapai 20 tahun.

Kelebihan dan Kekurangan

Jika bicara mengenai kelebihan, tentu saja kayu mahoni memiliki kelebihan seperti memiliki serat yang halus dan lurus yang dapat memudahkan proses pembentukan saat pembuatan furniture. Selain itu, kayu mahoni memiliki tekstur yang tidak akan mudah menyusut dan penuaian meskipun telah melewati waktu selama puluhan tahun dan bahkan jika usia kayu mahoni  semakin tua maka akan semakin bagus, yang ditambah lagi, kayu mahoni memiliki daya serat minyak yang rendah sehingga tidak membuat kayu mahoni gampang kotor atau tampak kekuningan saat proses pembuatan furniture.

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh kayu mahoni tentunya menyimpan beberapa kekurangan seperti, membutuhkan proses yang lebih lama untuk mengeringkan kayu mahoni dari kadar air yang terkandung di dalamnya dan membutuhkan banyak proses untuk merubah kayu mahoni menjadi kayu siap olah menjadi furniture yang kuat dan kokoh dan jika tidak diolah dengan baik, maka furniture yang terbuat dari kayu mahoni akan mudah diserang oleh hama atau rayap.

Baca juga 5 Jenis Kitchen Island untuk Melengkapi Fungsi Dapur

Manfaat Kayu Mahoni

Manfaat utama dari kayu mahoni yaitu dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur, media penyimpanan dan lain lain. selain sebagai bahan pembuatan furniture kayu mahoni juga kerap kali dijadikan sebagai bahan pembuatan kerajinan seperti pintu, peti, gitar, bingkai dan lain sebagainya. Dengan manfaat yang beragam, tidak heran jika kayu mahoni dinilai sebagai kayu yang terbaik setelah jati.