Togel online resmi
Mengenal Kayu Cendana Sebagai Material Furniture – Rumah Interior
Home Blog Mengenal Kayu Cendana Sebagai Material Furniture

Mengenal Kayu Cendana Sebagai Material Furniture

0
Mengenal Kayu Cendana Sebagai Material Furniture

Jual meja rias divan murah bekasi – Indonesia termasuk ke dalam kategori Negara yang kaya akan hasil alamnya salah satunya seperti kayu. Ada beragam jenis kayu berkualitas yang dihasilkan di Indonesia dan salah satunya adalah kayu cendana. Kayu cendana merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki beragam manfaat. Di dunia kesehatan dan kecantikan kayu cendana dipercaya dapat mencegah penuaan dini, sebagai produk alami kecantikan, dapat melembutkan kulit, membersihkan kulit, anti tanning, dapat dijadikan sebagai pewangi ruangan alami dan lain sebagainya.

Selain sebagai bahan kecantikan dan kesehatan, kayu cendana juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan furniture. Furniture yang dibuat dari bahan dasar kayu cendana pastinya juga memiliki beberapa kelebihan seperti tekstur halus, aroma khas, bobot ringan dan lain sebagainya.

Jika anda berencana ingin membuat furniture dengan menggunakan kayu cendana, sebaiknya kenali dahulu karakteristik, kelebihan serta kekurangan dari kayu cendana. Nah untuk penjelasan lebih lengkapnya mari kita simak sama sama di bawah ini.

Karakteristik dan Ciri Ciri Kayu Cendana

Jika anda ingin mengenal kayu cendana secara detail dan rinci silahkan simak penjelasan berikut ini

Pada dasarnya kayu cendana yang tumbuh di indonesia memiliki bentuk daun yang oval yang pada bagian kedua ujungnya berbentuk lancip serta batang yang berbentuk bulat. Untuk warnanya, kayu cendana cendana putih biasanya memiliki warna coklat keabu abuan dan sementara untuk cendana merah memiliki warna yang coklat kemerahan. Pohon cendana biasanya memiliki diameter ketinggian yang mampu mencapai ketinggian hingga 11 sampai 15 meter yang biasanya tumbuh di dataran yang tinggi 1599 meter dari permukaan laut.

Kayu cendana dapat hidup di daerah yang memiliki tanah yang subur dan memiliki akses sinar matahari sepanjang hari karena pada dasarnya kayu cendana membutuhkan sinar matahari untuk bisa tumbuh secara maksimal.

Kelebihan Kayu Cendana

Jika anda menggunakan kayu cendana sebagai bahan pembuatan furniture tentunya akan ada banyak lebihan yang akan anda dapatkan, salah satunya seperti

Salah satu alasan banyak orang memilih kayu cendana sebagai bahan furnitur karena memiliki permukaan yang halus.

Kayu cendana juga memiliki warna yang tampak mencolok dengan ciri khas coklat kemerahan.

Furniture yang terbuat dari kayu cendana lebih berkesan unik dan menarik karena kayu cendana memiliki aroma yang khas yang dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Kekurangan Kayu Cendana

Setiap material kayu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Sementara untuk kayu cendana memiliki kekurangan antara lain seperti

Ukuran dari kayu cendana relatif lebih kecil dibandingkan dengan kayu lainnya sehingga kayu cendana hanya akan sesuai dijadikan sebagai bahan furniture yang berukuran kecil, namun jika kayu cendana digunakan untuk pembuatan furniture yang besar, pastinya membutuhkan teknik penyambungan yang tepat.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil namun kayu cendana memiliki nilai yang cukup mahal dikarenakan kelangkaannya. Harga yang mahal menjadi alasan mengapa banyak orang yang tidak tertarik menggunakan kayu cendana sebagai bahan pembuatan furniture.

Pembuatan furniture dengan menggunakan kayu cendana membutuhkan proses yang sangat rumit sehingga proses pembuatannya pun relatif lebih lama.

Baca juga Jenis Furniture Wajib untuk Melengkapi Kamar Kost

Manfaat Lain Kayu Cendana

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kayu cendana memiliki beragam manfaat dan salah satunya seperti

1. Bahan Baku Furniture

2. Bahan Baku Kerajinan

3. Bahan Baku Parfum dan Wewangian

4. Mencegah Penuaan Dini

5. Produk Alami Kecantikan

6. Melembutkan Kulit

7. Anti-Tanning

8. Membersihkan Kulit

9. dan lain lain

Demikianlah informasi terkait karakteristik, manfaat, kelebihan dan kekurangan kayu cendana sebagai bahan dasar pembuatan furniture.