Togel online resmi
Tips Merawat Furniture Kayu Sengon – Rumah Interior
Home Blog Tips Merawat Furniture Kayu Sengon

Tips Merawat Furniture Kayu Sengon

0
Tips Merawat Furniture Kayu Sengon

Jual lemari backdrop meuble murah Jakarta – Menghadirkan furniture kayu dalam rumah memang mampu membuat rumah memiliki suasana lebih natural. Ada beragam jenis kayu yang menjadi bahan dasar pembuatan furniture dan salah satunya adalah kayu sengon. Kayu sengon terkenal memiliki tekstur kayu yang mudah dibentuk dan dipotong sehingga tidak heran jika kayu ini menjadi bahan terbaik dalam pembuatan furniture.

Kayu sengon bukan merupakan kayu yang keras sehingga kayu sengon sangat mudah terserang oleh hama, maka dari itu bagi anda yang memiliki furniture yang terbuat dari kayu sengon maka sebaiknya anda pintar pintarlah dalam merawatnya agar furniture anda dapat bertahan lama dan awet selama bertahun tahun. Untuk merawat furniture yang terbuat dari kayu sengon sebaiknya simak beberapa tips berikut ini.

1. Bersihkan Secara Berkala

Semua jenis furniture pastinya harus sering dibersihkan, karena jika furniture tidak sering dibersihkan maka furniture akan mudah rusak dan rapuh, apalagi untuk jenis jenis furniture yang terbuat dari bahan bahan alami seperti kayu tentunya membutuhkan perawatan yang lebih untuk menjaga tampilan dan kualitasnya.

2. Jangan Biarkan Furniture Terkena Matahari Langsung

Pastikan bahwa furniture kayu anda tidak terpapar sinar matahari secara langsung karena sifat kayu yang mudah menyusut dapat membuat furniture mengalami perubahan bentuk. Di sisi lain, furniture yang terlalu sering terkena sinar matahari permukaan catnya akan sangat mudah mengelupas sehingga tampilan furniture tampak kusam. 

3. Jauhkan dari Tempat yang Lembab

Meskipun furniture tidak boleh terpapar sinar matahari, bukan berarti furniture akan aman jika diletakan di tempat yang lembab, karen ajika furniture berbahan kayu diletakan di tempat yang lembab maka dapat beresiko furniture akan mudah berjamur. Jika anda meletakan furniture kayu di dalam ruangan, pastikan bahwa furniture tidak terlalu mepet dengan dinding dan tidak bersentuhan langsung dengan lantai karena tingkat kelembaban pada lantai dapat berpotensi menimbulkan jamur. Agar lebih amannya, anda bisa memberikan las pada bagian permukaan lantai sebelum meletakan furniture.

4. Gunakan Obat Anti Jamur

Kayu Sengon merupakan salah satu jenis kayu yang sangat disukai oleh jamur dan rayap, maka dari itu tidak ada salahnya untuk memberikan obat anti jamur untuk menjaga kualitas dari furniture anda. jika anda berencana ingin merubah tampilan furniture yang kusam agar tampak seperti baru, pastikan bahwa anda menggunakan cat khusus untuk kayu karena jika anda menggunakan cat lainnya tidak akan bertahan lama. 

5. Jauhkan dari Cat atau Cairan

Jauhkan furniture kayu anda dari benda benda cair karena jika kayu terlalu sering terkena oleh benda cair maka kayu akan sangat mudah rapuh dan rusak. Di sisi lain, benda cair yang diletakan di atas furniture kayu dapat menimbulkan noda noda yang bersifat permanen sehingga membuat tampilan furniture menjadi tampak buruk.

Baca juga Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangan Kayu Gaharu Material Furniture

6. Gunakan Cairan Pembersih yang Tepat

Jika furniture anda tampak kusam dan bernoda, pastikan bahwa anda menggunakan cairan pembersih yang tepat dan hindari menggunakan cairan pembersih yang bersifat keras dan dapat merusak permukaan furniture. Agar lebih aman, anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti minyak goreng, semir, air hangat dan lain sebagainya.

Demikianlah tips dari kami tentang cara merawat furniture kayu Sengon agar tetap bersih dan tahan lama. Tips tips tersebut juga dapat anda aplikasikan ke jenis jenis furniture berbahan kayu lainnya seperti jati, cendana, gaharu dan lain sebagainya.